" Assallamualaikum and welcome to my blog ^_^ "



Sabtu, 19 Maret 2011

Kuliner khas Kota Palu

Sudahkah anda mencicipi makanan-makanan khas Palu ??? Tahukah kamu kalau kota yang terletak di salah satu sisi Pulau Sulawesi ini mempunyai aneka kuliner yang khas dan maknyusss. Sebut saja misalnya sayur kelor, uta dada, kaledo, uvempoi, dan masih banyak lagi. 
Nah disini saya akan memperkenalkan beberapa jenis diantara makanan-makanan tersebut,, yuukk di liat,,, cekidot !
 



Kaledo,,, makanan ini terbuat dari tulang kaki sapi yang direbus dengan bumbu yang cuma terdiri dari rica/lombok kecil dan asam mentah. Rasanya asam-asam seger dan makin lazis karena ada sumsum dari tulangnya. Disantap dengan nasi maupun ubi rebus, sama enaknya. Serta ditambah juga dengan taburan bawang goreng khas Palu.






Palumara ikan,,, berbahan dasar ikan, bisa ikan jenis apa saja seperti ikan ekor kuning ataupun ikan merah. Bumbu-bumbunya terdiri dari lombok kecil, lombok keriting, bawang merah, kunyit, sedikit jahe dan bawang putih serta asam masak/jawa. Rasanya asam-asam pedas. Sedap dan menggugah selera makan.

Ayam panggang Biromaru,,,, 
masakan yang pertama kali di populerkan di daerah Biromaru (termasuk dalam wilayah Kota Palu) ini, berbahan dasar ayam kampung. Makanan ini begitu gurih karena potongan-potongan ayamnya diolah dengan cara direndam terlebih dahulu memakai santan yang telah dicampur dengan beberapa jenis bumbu. Setelah direndam selama beberapa lama baru kemudian dipanggang / dibakar. Aroma dan rasanya hhmmm,,, maknyusss.



Nasi Kuning,,,, jika didaerah lain nasi kuning hanya dijumpai pada waktu dan acara-acara tertentu, maka lain halnya di Kota Palu, dimana nasi kuning merupakan makanan sarapan harian bagi masyarakatnya, bahkan belakangan ini juga telah populer menjadi menu makan malam. Bahan, bumbu dan proses pembuatannya  tidak berbeda jauh dengan nasi kuning yang ada di daerah lain, dengan variasi lauk pelengkapnya seperti ayam, ikan, telur dan daging. Yang membedakan mungkin cuma momentnya saja karena di Kota Palu nasi kuning jadi santapan harian.




Uvempoi,,,,, makanan ini mempunyai bumbu dan cara mengolah yang sama dengan Kaledo. Yang berbeda hanya bahan dasarnya yaitu dari jeroan dan daging iga sapi. Segar bin lazisss....









Uta dada,,,, makanan bersantan ini bisa dibuat dengan bahan ayam kampung maupun ikan asap. Tapi yang populer adalah uta dada ayam kampung. Biasanya dimakan bersama ketupat maupun nasi. Gurih bin sedaaapppp..







Nah ini dia juaranya,,,, Uta Kelo / Sayur Kelor ,,,, masakan sayur bersantan ini menggunakan daun kelor sebagai bahannya dengan lombok / rica kecil  hijau saja sebagai bumbunya. Merupakan makanan khas warga Palu. Biasanya disantap dengan lauk berupa duo atau rono goreng, ikan palumara, ikan segar bakar maupun ikan kering yang dibakar. Duo adalah sejenis teri yang sangat halus dan kecil, yang dikeringkan, sedangkan rono adalah teri dalam bahasa Indonesia.

Uta kelo, duo goreng, rono goreng dan ikan bakar
Bagaimana ? ada yang berminat dengan aneka makanan tersebut ? Semoga bisa jadi bahan informasi dan referensi buat mencicipi kuliner khas Palu.... ^_^




Gambar : dari berbagai sumber





Related Posts by Categories

Tidak ada komentar:

Posting Komentar