" Assallamualaikum and welcome to my blog ^_^ "



Jumat, 29 Juli 2011

Evaluasi Diri

Semalam saya menonton sebuah acara reality show di salah 1 stasiun TV. Saya terkesima saat seorang cewek mengkritik penampilan seorang cowok yang katanya gak fashionable, cara berbusana yang gak matching, wajahnya yang lebih boros di banding usianya dan seterusnya yang menurut saya telah menjurus ke arah pelecehan dan penghinaan. Begitu ringan dan tanpa beban si cewek itu telah mempermalukan si cowok, di depan umum pula. Saya jadi gerah sekaligus miris melihatnya. Tapi kemudian saya menjadi lebih terkesima ketika kemudian sang host acara ~ dgn maksud membela si cowok ~ berkata :   "  sebelum 1 jari telunjuk kita menunjuk kekurangan orang lain, sadarilah bahwa ada 4 jari lainnya yang ternyata menunjuk ke arah diri kita sendiri "


Saya begitu terkesan dengan kata-kata sang host tersebut. Sederhana tapi dalam. Lalu kemudian membuat saya jadi merenung, betapa kita memang selalu suka melempar kesalahan dan menudingkan semua kekurangan kepada orang lain tanpa menyadari kekurangan diri sendiri. Kita menjadi mudah sombong dan lupa diri dengan kesempurnaan dan kebaikan yang kita miliki. Begitu mudah kita mencari kambing hitam suatu kesalahan dan menumpukan tanggung jawab suatu kekurangan kepada orang lain tanpa menyadari bahwa ternyata kita tak berbuat sesuatupun. Alangkah sempitnya cara pandang dan pola pikir kita.

Kita terlalu sibuk menilai orang lain tapi tak pernah sempat untuk mengevaluasi diri sendiri...


*********************

Catatan FB : 25 Oktober 2009

Related Posts by Categories

Tidak ada komentar:

Posting Komentar